Kamis, 02 Maret 2017

Pelatihan SAGUSABLOG IGI (Satu Guru Satu Blog)

SAGUSABLOG IGI
Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Sedangkan Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.

Kompetensi Profesional seorang Pendidik salah satunya adalah mampu memanfaatkan TeknoIogi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kompetesnsi ini akan membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sampai saat ini pemanfaatan media pembelajaran online belum berkembang dengan optimal di Indonesia. Salah satu kendala pengembangan media pembelajaran online adalah kurang dikuasainya teknologi pengembangan media online oleh para pengajar.

Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan memanfaatkan media pembelajaran online, maka IGI (Ikatan Guru Indonesia) menyelenggarakan Workshop Pembuatan Blog Guru dengan nama SAGUSABLOG.  Pada workshop ini, guru berlatih membuat dan memanfaatkan blog yang nantinya akan bermanfaat sebagai salah satu media pembelajaran. Baik penyampaian materi, interaksi ataupun tes secara online bisa dilakukan melalui blog yang telah dibuat.

Kegiatan workshop pembuatan blog guru (SABUSABLOG GELOMBANG 7) dilaksanakan dengan sistem daring full online 24 jam, dari tanggal 1 s/d 8 Maret 2017. Workshop ini diikuti peserta sebanyak kurang lebih 97 orang. Peserta di wajibkan untuk menyelesaikan 6 modul pada kategori kelas dasar dan 9 modul pada kategori kelas lanjut. Nantinya peserta yang telah menyelesaikan workshop akan mendapat sertifikat 41 JP dari IGI.

Pelatihan  yang dikembangkan dan diterapkan ini diharapkan akan memberikan wawasan baru dalam pembuatan media pembelajaran online khususnya blog, mengingat pembuatan blog yang menarik relatif mudah. Dengan menguasai pembuatan blog diharapkan menjadi pemicu kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penilaian Akhir Tahun 2019-2020

Penilaian Akhir Tahun Tahun Pelajaran 2019-2020 Mata Pelajaran: Bahasa Arab Kelas: X Jenis Soal: Pilihan Ganda Jumlah Soal: 50 Butir S...